Pas di Hari Sumpah Pemuda, Kripto Buatan Indonesia Diluncurkan, Ini Penjelasannya

- 19 Oktober 2021, 17:21 WIB
Ilustrasi uang kripto. Indonesia akan meluncurkan uang kripto made in Indonesia
Ilustrasi uang kripto. Indonesia akan meluncurkan uang kripto made in Indonesia /Reuters

JURNAL SOREANG- Sebentar lagi pecinta kripto di Indonesia akan tersenyum lebar. Betapa tidak, di hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober tahun ini IDM, token kripto buatan Indonesia akan diluncurkan.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar, Badan Pengawas Perdagangan Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tirta Karma Senjaya menjelaskan, aset kripto di dalam negeri memang belum banyak. Pihaknya pun menyambut baik kehadiran aset kripto tersebut.

Walau begitu, dia mengatakan, untuk dapat listing di exchanger dan terdaftar sebagai aset kripto yang ditetapkan Bappebti ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi.

Baca Juga: Kecuali Ethereum, Uang Kripto Bitcoin dan Lain-lain Terkapar di Zona Merah, Ini Penyebabnya

Dia menerangkan, salah satunya telah dilakukan penilaian resiko dan analisis hirarki proses (AHP) dan sebagainya oleh Tim Bappebti dan exchanger karena bursa belum terbentuk, sedangkan bila bursa sudah terbentuk penilaian akan bersama bursa dan komite aset kripto yang nantinya dibentuk.

Imbuhnya, bursa kripto yang akan dibentuk tengah dalam proses perizinan. Hal itu sejalan dengan revisi peraturan Bappebti yang segera diterbitkan untuk mendukung kegiatan bursa.

"Bursa kripto ini akan terealisasi pada akhir tahun," harapnya.

Maraknya aset kripto ini sendiri diharapkan dapat memberikan dampak positif khususnya pada pertumbuhan ekonomi digital.

Baca Juga: Asyik, Uang Kripto 'Made in Indonesia' Segera Meluncur

Dijelaskannya, dampak riil kripto dalam negeri ini apalagi bila masuk dalam 500 besar dunia coin market cap, maka tentu akan membantu pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang berkontribusi terhadap GDP dari tahun ke tahun.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x