Bank Sentral Inggrison: Hindari Ancaman Keuangan, Kripto Harus Diregulasi

- 15 Oktober 2021, 14:35 WIB
Ilustrasi mata uang kripto yang harus segera diregulasi lagi
Ilustrasi mata uang kripto yang harus segera diregulasi lagi /Foto : pexels.xom

JURNAL SOREANG- Deputi Gubernur bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) untuk stabilitas keuangan, Jon Cunliffe memberikan sebuah pesan baru bagi mata uang kripto. Katanya, mata uang digital harus diregulasikan agar dapat menghindari ancaman keuangan.

Cunliffe menyebutkan bahwa pertumbuhan kripto luar biasa. Lima tahun lalu pasar aset kripto bernilai US$ 16 miliar, namun hari ini kripto berada di level US$ 2,3 triliun.

Aset kripto saat ini, tambahnya, masih menimbulkan kekhawatiran akan masalah stabilitas keuangan karena aset itu dinilai tidak memiliki nilai intrinsik dan rentan terhadap koreksi harga yang cukup dalam.

Baca Juga: Bersiaplah, Borong Kripto 'Made in Indonesia', Upaya Bangga Buatan Indonesia

Karena itu Cunliffe menekankan bahwa regulator keuangan di seluruh dunia harus mengambil sikap dalam mengatur mata uang digital itu secepatnya.

Pasalnya, kripto telah menjadi minat banyak orang namun kestabilan harga mata uang digital tersebut belum terbentuk sepenuhnya.

Dia berharap adanya standar dan peraturan yang dirancang dengan baik yang memungkinkan risiko di dunia kripto dapat dikelola seperti di dunia keuangan tradisional.

Baca Juga: Tertarik Uang Kripto? Koin Kripto Pada Oktober 2021, Intip 5 Rekomendasinya

Sementara itu, akibat sikap investor yang khawatir dengan inflasi yang meninggi dan potensi pengetatan kebijakan moneter, Bitcoin CS di pasar kripto berbalik ke zona merah pada hari ini, Jumat, 15 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x