Prihatin, Punya Laut Terluas, tapi Indonesia Baru Isi 3 Persen Pasar Ikan Dunia

- 26 September 2021, 05:36 WIB
Nelayan mengeluarkan ikan hasil tangkapan di TPI Kuala Penet, Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Meski Punya Laut Terluas, tapi Indonesia Baru Isi 3 Persen Pasar Ikan Dunia
Nelayan mengeluarkan ikan hasil tangkapan di TPI Kuala Penet, Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Meski Punya Laut Terluas, tapi Indonesia Baru Isi 3 Persen Pasar Ikan Dunia /Dzikri Abdi Setia/Seputar Lampung

JURNAL SOREANG- Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan mendorong Kementeian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar fokus meningkatkan kualitas produk kelautan perikanan yang bermutu dan berdaya saing tinggi sesuai dengan standar perdagangan internasional.

Saat ini Indonesia baru bisa mengisi 3% dari pasar ikan dunia sebagaimana yang disampaikan Presiden Jokowi pada acara Dies Natalis IPB beberapa waktu lalu.

"Saya menghimbau agar KKP memperbaiki sistem rantai produksi yang efisien dari hulu sampai ke hilir dengan model pemberdayaan masyarakat nelayan dan penguatan kelembagaan serta peningkatan kualitas SDM yang professional dan inovatif," ujar Johan dalam pernyataannya, Jumat, 25 September 2021.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah agar Perhatikan Nelayan yang Alami Musibah di Laut

Dia memberikan catatan kepada KKP agar mengoptimalkan penyerapan anggaran terutama bantuan ke masyarakat kelautan perikanan agar cepat terdistribusi di awal-awal tahun.

Anggota Komisi IV ini akan berupaya mengawal dan mensupport realisasi anggaran agar segera terealisasi optimal di awal tahun anggaran demi membantu nelayan dan masyarakat.

Politisi PKS ini mengkritik belum optimalnya peningkatan daya saing produk hasil perikanan di dalam negeri serta masih minimnya inovasi produk perikanan yang bisa memberikan nilai tambah bagi komoditas perikanan.

Baca Juga: 32 Nelayan Aceh Ditahan di Thailand, Anggota DPR Minta KKP Segera Bertindak

"Saya menilai pemerintah harus lebih serius untuk meningkatkan program yang mendorong pelaku usaha perikanan dan memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada seluruh nelayan Indonesia," katanya.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x