Administrasi Publik UIN SGD Satu-satunya Perguruan Tinggi Jabar yang Raih Penghargaan Inklusi Perpajakan

- 29 Agustus 2021, 14:31 WIB
Tangkapan layar prodi  Administrasi Publik UIN Sunan Gunung Djati Satu-satunya Perguruan Tinggi Jabar yang  Raih Penghargaan Inklusi Perpajakan Kemenkeu,
Tangkapan layar prodi Administrasi Publik UIN Sunan Gunung Djati Satu-satunya Perguruan Tinggi Jabar yang Raih Penghargaan Inklusi Perpajakan Kemenkeu, /UIN SGD/

JURNAL SOREANG- Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (SGD)  menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Jawa Barat yang menerima penghargaan inklusi kesadaran pajak dari Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jendral Pajak.

Penghargaan Inklusi Kesadaran Pajak ini disampaikan pada kegiatan dari Pajak Bertutur Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan   secara virtual dan disiarkan langsung lewat akun Youtube Ditjen Pajak RI, Rabu 25 Agustus 2021.

Kegiatan ini dihadiri serentak oleh  DJP perwakilan, relawan pajak dan pengurus tax center pada perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jual Roti Panggang Rp1 Milyar di Tiktok, Unggahan Sisca Kohl Dikomentari Ditjen Pajak

Turut hadir pada kegiatan Pajak Bertutur Tahun 2021, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan pejabat esalon 1 dan  II dari kementerian-kementerian yang bekerjasama dalam program inklusi perpajakan, seperti Kementerian Agama, Kementerian Pertahanan, Kominfo dan lainnya.

 Sri Mulyani,  menekankan pada pentingnya inklusi kesadaran pajak. "Bagi generasi muda, bahkan perlu ditanamkan sejak SD sampai perguruan tinggi  yang mendasari tema kegiatan  Pajak Bertutur Tahun 2021  yakni Genaerasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara," katanya.

Menurut Sri Mulyani, sumber pembiayaan negara saat ini berkisar 70-80% dari penghasilan pajak, maka kesadaran wajib pajak untuk ikut serta membangun negara perlu ditingkatkan sebagai perwujudan dari Bela Negara.

Baca Juga: Selain Harga PCR, IDI Minta Presiden Jokowi Turunkan Harga Alkes: Lebih Mahal dari Luar Negeri Karena Pajak

Mendikbud ristek Nadiem Makarim, menyampaikan kementeriannya telah mensosisalisaskan kepada perguruan tinggi negeri dan swasta untuk melakukan inklusi kesadaran pajak melalui internalisasi pada muatan-muatan mata kuliah wajib universitas.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x