Prihatin Nasib Peternak Lokal, Pemerintah Didesak Sejahterakan Peternak, Ini Cara Ampuh Menurut Anggota DPR

- 21 Juni 2021, 15:58 WIB
Ilustrasi peternakan ayam di Majalengka. DPR mendesak pemerintah agar sejahterakan para peternak dengan memacu peternakan dalam negeri
Ilustrasi peternakan ayam di Majalengka. DPR mendesak pemerintah agar sejahterakan para peternak dengan memacu peternakan dalam negeri /Kabar Cirebon/Tati Purnawati/

JURNAL SOREANG- Anggota DPR RI, Johan Rosihan menilai upaya pemerintah selama ini belum berhasil memacu produksi ternak dalam negeri.

Padahal menurut Johan permintaan produk peternakan cenderung meningkat setiap tahun termasuk permintaan konsumsi daging sapi potong.

"Permintaan terus meningkat dan telah melampaui kemampuan produksi daging sapi dalam negeri saat ini. Saya prihatin dengan jumlah impor yang terus meningkat dimana kebutuhan konsumsi daging sekitar 65% dipenuhi dari produk impor dan setiap tahun selalu mengalami peningkatan," ujar Johan dalam pernyataannya, Senin, 21 Juni 2021.

Baca Juga: Harga Daging Sapi dan Daging Ayam Broiler Cenderung Naik Jelang Lebaran, Ini Temuan Pemerintah

Legislator yang duduk di Komisi IV DPR RI ini menekankan pemerintah harus mampu meningkatkan kesejahteraan peternak dengan cara membantu peternak rakyat untuk meningkatkan produktivitasnya.

"Saya mengusulkan agar pemerintah menyiapkan program untuk meningkatkan kualitas sumberdaya peternakan lokal serta membantu peternak dalam hal pola dan pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan,x katanya yang menambahkan bantuan juga bisa berupa  permodalan dan metode produksi ternak yang lebih maju dan sesuai dengan kondisi lingkungan.

Politisi PKS ini menandaskan agar arah kebijakan pembangunan peternakan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan peternak.

Baca Juga: Bisa Jadi Musibah Nasional Masuknya Daging Ayam Impor, Harga Hanya Rp14 Ribu Per Kg

"Jadi saya mendesak pemerintah bertanggung jawab penuh terhadap nasib dari 13,56 juta rumah tangga peternak agar mereka memiliki produktivitas dengan jumlah kepemilikan ternak yang signifikan," kata Johan.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah