Top, Koperasi Peternak ICB Ekspor Domba ke Luar Negeri, Kini Gandeng BPR Kuningan

- 23 April 2021, 05:56 WIB
Pertemuan antara Koperasi Peternak ICB dan Direksi Perumda BPR Kuningan belum lama ini.
Pertemuan antara Koperasi Peternak ICB dan Direksi Perumda BPR Kuningan belum lama ini. /Istimewa/

JURNAL SOREANG- Koperasi Peternak Indonesia Cita Berdikari (KP-ICB) terus bersinergi dengan para peternak di berbagai daerah demi mewujudkan kesejahteraan peternak.  Koperasi Peternak ICB juga berhasil mengekspor domba  ke beberapa negara.

Ketua Koperasi Peternak ICB, Harun Alrasyid, saat ditemui di sela-sela panen perdana peternak binaan Koperasi Peternak ICB di Kabupaten Bangkalan- Madura, pada Rabu, 21 April 2021, menyatakan,  prestasi ekspor domba ke luar negeri oleh Koperasi Peternak ICB merupakan kebanggaan tersendiri karena peternak lokal mampu menembus pasar internasional,  

“Bahkan, sudah ada beberapa permintaan dari negara di Timur Tengah”, ucap Harun sambil menambahkan bahwa pihaknya juga pada tanggal 20-21 April mengadakan program penggemukan domba di Kabupaten Lahat  bekerjasama dengan Pemda setempat dan Bank Sumsel Babel Cabang Lahat.

Baca Juga: Jika Terpilih, Kang DS Akan Gerakan BUMD untuk Sejahterakan Peternak Sapi dan Domba

Harun juga sangat menginginkan peternak Jawa Barat bisa menjadi peternak terdepan. Oleh karenanya, Koperasi Peternak ICB telah memiliki binaan di Jawa Barat.

“Kami sudah sejak lama mengadakan sosialisasi untuk para peternak di Garut dan Kuningan, kemudian di akhir bulan ini akan dimulai penjajakan pendanaan untuk program penggemukan domba di Indramayu, bekerjasama dengan BJB Cabang Indramayu," ujar pria asal Tasikmalaya ini.

Khusus untuk Kabupaten Kuningan, program ini sudah berjalan sejak tahun 2020. Selama berjalannya program, para peternak juga sempat terdampak pandemi Covid-19 yang membuat pengiriman ternak dan pakan tertahan, karena beberapa daerah sedang mengalami lockdown (PSBB).

Baca Juga: Tujuh Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan, Bermanfaat bagi Jantung, Tulang, Kulit dan Pencernaan

Namun pada  4 Februari 2021 lalu, telah diadakan pertemuan antara Perumda BPR (Bank Perkreditan Rakyat) Kuningan dengan Koperasi Peternak ICB (KP-ICB) untuk menindaklanjuti program pemberdayaan peternak lokal di Kuningan. Dari BPR hadir Direktur Utama BPR  Dodo Warda, SE, didampingi  Henda Hendrayana dan jajaran BPR lainnya. Sedangkan KP-ICB diwakili  Husnul Hidayat dan  Aan Priyatna.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x