Jokowi Minta Kementan Segera Rampungkan Food Estate di Sumut dan Kalteng

- 11 Januari 2021, 12:13 WIB
Program Ketahanan Pangan ‘Food Estate’ Tengah di Jalani, Bentuk Antisipasi Krisis Pangan
Program Ketahanan Pangan ‘Food Estate’ Tengah di Jalani, Bentuk Antisipasi Krisis Pangan /ANTARA

JURNAL SOREANG - Untuk mengatasi ketersediaan pangan Nasional, Pemerintah mempersiapkan lumbung pangan terpadu (Food Estate) di dua provinsi pada tahun 2021.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dapat menyelesaikan persiapan food estate atau lumbung pangan di Sumatera Utara (Sumut) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut.

"Oleh sebab itu kenapa saya dorong food estate ini harus segera diselesaikan paling tidak tahun ini yang di Sumatera Utara dan di Kalimantan Tengah diselesaikan," kata Presiden Jokowi dilansir ANTARA, Senin 11 Januari 2021.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Optimistis Desy Ratnasari Bisa membawa PAN Jadi Parpol Terdepan di Jawa Barat

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut saat membuka Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian Tahun 2021.

"Kita evaluasi masalah di lapangan apa, teknologi yang kurang apa? Juga dengan menggunakan teknologi di food estate karena akan menjadi contoh. Kalau semua benar bisa jadi contoh, semua provinsi datang tinggal copy saja," jelasnya.

Food estate rencananya berada di Kabupaten Kapuas dan Pulau Pisau, Kalimantan Tengah, seluas sekitar 164,6 ribu hektare yang mengawali fokus pada tanaman padi, lahan yang digunakan untuk food estate adalah eks proyek lahan gambut.

Baca Juga: Jokowi Tak Ingin Kedelai Menjadi Masalah Lagi, Intensifikasi Harus Dilakukan Segera

Selanjutnya food estate berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, yang dikhususkan untuk komoditas hortikultura seluas sekitar 30 ribu hektare.

Halaman:

Editor: Handri

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x