Tak Perlu Jauh-jauh, Warga Pangalengan Kini Punya RS Sendiri

- 16 Oktober 2020, 18:04 WIB
Ruang Berda RSU KPBS Pangalengan /Handri /Jurnal Soreang

JURNAL SOREANG - Warga Pangalengan akhirnya memiliki rumah sakit sendiri setelah RSU KPBS diresmikan oleh Bupati Bandung Dadang M. Naser, Jumat 16 Oktober 2020. Rumah sakit tersebut juga menjadi satu-satunya di Jawa Barat dan bahkan di Indonesia yang didirikan oleh sebuah koperasi.

Dadang berharap, kehadiran RSU KPBS bisa mengakselerasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung dari sisi indikator kesehatan. "Ini rumah sakit tipe C yang alhamdulillah fasilitasnya luar biasa lengkap," ujarnya seusai meresmikan RSU tersebut.

Berlokasi di Pangalengan, Dadang pun mengharapkan RSU KPBS tak hanya melayani warga kecamatan itu saja. Namun juga bisa melayani masyarakat dari berbagai wilayah Jabar Selatan lain seperti Garut Selatan.

Baca Juga: RSU KPBS, Rumah Sakit Pertama Di Indonesia Milik Koperasi

Dadang juga mengapresiasi Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) yang terus berinovasi untuk memberikan pelayanan kepada anggotanya dan masyarakat umum. Termasuk layanan kesehatan yang semula berbentuk klinik dan kemudian ditingkatkan menjadi rumah sakit.

"Ini di Jawa Barat kan baru satu. Bahkan mungkin di Indonesia juga baru ini satu-satunya koperasi yang punya rumah sakit. Apalagi ada beberapa kamar yang disiapkan untuk isolasi pasien Covid-19," kata Dadang.

Dari total 86 kamar yang dimiliki, Dadang melansir bahwa RSU KPBS saat ini menyediakan 4 kamar untuk isolasi pasien Covid-19. Namun ke depan rencananya ruang isolasi tersebut akan ditambah sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Siap-siap Ikutan, Pemkab Bandung Akan Gelar Sayembara Nama RSUD Soreang

Lebih jauh Dadang mengaku bahwa Kabupaten Bandung dengan sekitar 3,7 juta jiwa penduduk, selama ini baru dilayani oleh sekitar 62 rumah sakit. Oleh karena itu ia sangat mengapresiasi inisiasi dari pihak swasta termasuk koperasi yang bisa mendirikan rumah sakit baru.

Halaman:

Editor: Handri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X